Path: Top <-> Supplementary File <-> SKRIPSI <-> PENDIDIKAN GURU PAUD <-> 2012

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK CUISENAIRE PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B BA AISYIYAH 1 WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012

Undergraduate Theses from JHPTUMP / 2016-11-21 05:33:21
Oleh : HERNI RATMINI, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (digilibump.ac.id)
Dibuat : 2012-12-22, dengan 3 file

Keyword : Kemampuan Berhitung; Balok Cuisenaire
Subjek : Kemampuan Berhitung; Balok Cuisenaire

ABSTRAK



Penelitian ini berjudul Upaya meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B BA Aisyiyah I Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui bermain menggunakan media balok cuisenaire pada anak didik kelompok B BA Aisyiyah I kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara semester genap tahun ajaran 2011-2012. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah anak didik kelompok B BA Aisyiyah I Wanadadi berjumlah 20 anak. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi.


Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, masing-masing pertemuan menggunakan RKH dan pada akhir siklus dilakukan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui bermain menggunakan media balok cuisenaire pada anak didik kelompok B BA Aisyiyah I Wanadadi Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012.


Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B BA Aisyiyah I Wanadadi dari 20 anak pada studi awal anak yang belum berkembang 50%, mulai berkembang 25%, Berkembang sesuai harapan 15%, dan yang berkembang sangat baik 10%. Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus I kemampuan berhitung anak meningkat, ada 20% yang kemampuan berhitungnya belum berkembang, 15% yang sudah mulai berkembang, 30% berkembang sesuai harapan, dan 35% berkembang sangat baik. Kemudian pada siklus II kemampuan berhitung anak masih ada 10% yang belum berkembang, 5% yang sedang mulai berkembang, 5% berkembang sesuai harapan, dan 80% kemampuan berhitungnya berkembang sangat baik.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRACT



The Research is titled Efforts to improve numeracy skills through play using Cuisenaire beam media in group B BA students Aisyiyah I Wanadadi Banjarnegara Regency In Second Semester Academic Year 2011-2012. This research aims to improve numeracy skills through play using media cuisenaire beam in the group B BA students Aisyiyah I Wanadadi Banjarnegara Regency second semester academic year 2011-2012. Research subjects in this research were students of group B BA Aisyiyah I Wanadadi of 20 children. The collection of data obtained using the method of observation and documentation.


Research subjects in this research were students of group B BA Aisyiyah I Wanadadi of 20 children. The collection of data obtained using the method of observation and documentation. The research was carried out by the method of Classroom Action Research (CAR) through two cycles. Each cycle consisted of three meetings, each meeting using the RKH and performed at the end of the cycle of reflection. Data analysis techniques used in this research is a descriptive qualitative approach to improve the numeracy skills of children through play using media cuisenaire beams in group B BA students Aisyiyah I sub district Wanadadi Banjarnegara Regency second semester in academic year 2011-2012.


Results of research conducted shows the increase in students numeracy skills in group B BA Aisyiyah I Wanadadi of 20 children in the early studies of children who have grown 50%, began to grow 25%, as expected grow 15%, which is developing very well and 10 %. Then, after extensive repairs on the I cycle numeracy skills of children increases, there is the ability berhitungnya 20% undeveloped, 15% who had begun to develop, 30% developed as expected, and 35% developed very well. Then in the second cycle counting capabilities still have 10% of children who have not been developed, 5% which is beginning to grow, evolve as expected 5%, and 80% developed the ability to count very well.

Copyrights : Copyright (c) 2012 by UMP Digital Library.

Beri Komentar ?#(2) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJHPTUMP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama KontakLembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan
AlamatJl. Dukuhwaluh
KotaPurwokerto
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon0281-636751, 630463
Fax0281-637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Anita Rosalina, S.T., M.Pd., Editor:

Download...