Path: Top <-> Supplementary File <-> SKRIPSI <-> PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (PBSI) <-> 2011

ANALISIS WACANA PERSUASI IKLAN ROKOK PADA SPANDUK DAN BALIHO DI KOTA PURWOKERTO

Undergraduate Theses from JHPTUMP / 2016-11-21 05:33:17
Oleh : YULIANIK, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (digilib@ump.ac.id)
Dibuat : 2012-08-30, dengan 3 file

Keyword : Analisis; Wacana; Persuasi; Iklan
Subjek : Analisis Wacana; Persuasi Iklan

ABSTRAK



Penelitian ini berjudul Analisis Wacana Persuasi Iklan Rokok Pada Spanduk dan Baliho di kota Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan teknik-teknik persuasi dan bentuk tindak tutur (lokusi, ilokusi dan perlokusi), serta aspek komunikasi yang terdapat dalam wacana iklan rokok pada spanduk dan baliho.


Data dalam penelitian ini adalah bahasa yang terdapat dalam wacana persuasi iklan rokok pada spanduk dan baliho di kota purwokerto. Data yang berhasil diperoleh sebanyak 24 wacana iklan rokok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pada penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis data. Tahap penyediaan data menggunakan metode simak. Metode simak dengan teknik lanjutannya menggunakan teknik simak bebas libas cakap, dan teknik catat. Tahap analisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar, teknik pilah unsur penentu (PUP).tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal yaitu perumusan dengan kata-kata biasa walaupun dengan terminologi yang sifatnya teknis.


Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) teknik-teknik persuasi yang digunakan adalah teknik rasionalisasi, teknik identifikasi, teknik sugesti, teknik konformitas, teknik kompensasi, dan teknik penggantian. Dalam masing-masing teknik persuasi yang terdapat dalam wacana persuasi iklan rokok pada spanduk dan baliho juga ditemukan jenis tindak tutur, yaitu lokusi pernyataan. Tindak ilokusi, ilokusi asertif membual, ekspresif memuji, dan ilokusi direktif memerintah. Tindak perlokusi, membuat t tahu, membuat t melakukan sesuatu, dan membuat t berfikir bahwa. (2) aspek komunikasi yang terdapat pada wacana iklan rokok pada spanduk dan baliho berupa aspek sosial, aspek ekonomi, aspek budaya, aspek moral dan aspek geografis yang disampaikan dengan menggunakan kalimat Tanya, kalimat deklaratif, dan kalimat perintah. Hal tersebut berdasarkan pada pemahaman dan tanggapan pembaca terhadap pesan yang disampaikan melalui wacana tersebut.

Copyrights : Copyright (c) 2012 by UMP Digital Library.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJHPTUMP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama KontakLembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan
AlamatJl. Dukuhwaluh
KotaPurwokerto
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon0281-636751, 630463
Fax0281-637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Dra. Noorliana, M.Pd., Editor:

Download...