Path: TopSupplementary FilePROSIDING

PERAN PENDIDIK GEOGRAFI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM LITERASI BENCANA

Proceeding from jhptump / 2018-02-10 12:27:14
Oleh : Choirul Amin, Priyono, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (kichoirul@gmail.com)
Dibuat : 2016-06-08, dengan 1 file

Keyword : Pendidik Geografi, Kurikulum Literasi Bencana, Metode Pembelajaran Kontekstual Bencana

Banyaknya korban yang jatuh pada Tsunami Aceh, Mentawai dan letusan Merapi merupakan kenyataan pahit bahwa bangsa ini abai dan lalai akan tanda-tanda alam. Tiap kali bencana melanda, tiap kali pula seolah bangsa ini baru tergugah dari tidurnya. Sungguh terasa bangsa ini terlena di kala kondisi normal tapi lalai mempersiapkan antisipasi dampak bencana. Fakta ini terkonfirmasi oleh hasil kajian BNPB tahun 2012 terhadap kesiapsiagaan masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi bencana di 33 kabupaten dan kota di Indonesia di mana ternyata semua daerah menunjukkan hasil bahwa tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan Pemerintah Daerah masih rendah.




Fakta dan data di atas menunjukkan bahwa kesiapsiagaan bangsa ini dalam menghadapi bencana masih patut dipertanyakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendidikan yang mampu melahirkan generasi yang melek bencana. Tulisan ini membahas dua hal terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yaitu: pertama, pentingnya melek bencana; dan kedua, bagaimana peran para pendidik (baik guru maupun dosen) geografi dalam mewujudkan generasi melek bencana tersebut. Tulisan ini menggunakan analisis data sekunder yang diperoleh dari BNPB dan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Nasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa: pertama, melek bencana memang tidak dapat menghentikan terjadinya bencana itu sendiri, akan tetapi hal itu dapat membantu kita mempersiapkan diri menghadapi bencana tersebut sehingga akan mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkannya; dan kedua, Pendidik geografi dapat berperan dalam membangun generasi melek bencana melalui pengembangan kurikulum pendidikan literasi bencana dan penggunaan metode pembelajaran kontekstual bencana dalam pembelajaran di kelas.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...