Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMADIK2018

DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMAN 3 PURWOKERTO

Proceeding from jhptump / 2018-05-12 20:19:22
By : Chumaedi Sugihandardji, Eka Yuli Ambarwati, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (chumaedish@yahoo.co.id, ekayuli.ambarwati.ea@gmail.com)
Created : 2018-05-12, with 1 files

Keyword : Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPA bredasarkan gayanya Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Menggunakan angket gaya belajar, peneliti membagi siswa kedalam 3 (tiga) kelompok, yaitu siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan menggunakan tes. Uji Validasi data dilakukan dengan cara uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memahami masalah tetapi belum mampu dalam membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, (2) Siswa dengan gaya belajar auditori mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaiannya tetapi belum mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaiannya tetapi belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak mampu memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.

Description Alternative :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-IPA bredasarkan gayanya Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Menggunakan angket gaya belajar, peneliti membagi siswa kedalam 3 (tiga) kelompok, yaitu siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan menggunakan tes. Uji Validasi data dilakukan dengan cara uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memahami masalah tetapi belum mampu dalam membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, (2) Siswa dengan gaya belajar auditori mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaiannya tetapi belum mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaiannya tetapi belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak mampu memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDjhptump
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Contact Namedigilibump
AddressJln. Raya Dukuhwaluh
CityBanyumas
RegionJawa Tengah
CountryIndonesia
Phone(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
Administrator E-maildigilib@ump.ac.id
CKO E-maildigilib@ump.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Downnload...