Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMNAS PGSD 2018

PENGUATAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 MELALUI “THE READING PROCESS” DAN TARI “BUNGONG JEUMPA” (STUDI DI SD NEGERI 3 TLAHAB KIDUL, KECAMATAN KARANGREJA, KABUPATEN PURBALINGGA)

Proceeding from jhptump / 2018-05-19 11:00:25
Oleh : Dedy Irawan, Okto Wijayanti, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (dedyirawan@ump.ac.id)
Dibuat : 2018-05-19, dengan 2 file

Keyword : Kurikulum 2013, the Reading Process, tari “Bungong Jeumpa”

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran pada Kurikulum 2013 materi Bahasa Indonesia dan SBdP. Penguatan pembelajaran pada materi Bahasa Indonesia difokuskan pada pembelajaran membaca yaitu pembelajaran membaca dengan menggunakan

pendekatan proses (The Reading Process), sedangkan penguatan pembelajaran pada materi SBdP difokuskan pada materi pembelajaran tari “Bungong Jeumpa”. Pelatihan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: 1) Memberikan materi pelatihan; 2) Monitoring dan pendampingan; 3) Evaluasi hasil kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa pengetahuan dan keterampilan pembelajaran

Kurikulum 2013 materi Bahasa Indonesia dan SBdP pada kelas yang diampu oleh masing-masing guru SD Negeri 3 Tlahab Kidul. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari program pelatihan diperoleh persentase 80% guru yang mengikuti kegiatan ini telah memahami dan memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan materi

pelatihan untuk pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas yang diampu. Hal tersebut menunjukan tingkat keberhasilan dari pelatihan ini yang telah tercapai

bahkan melebihi indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu 75%.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...