Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMADIK2018

DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF REGULATED SISWA SMP

Proceeding from jhptump / 2018-05-12 20:17:48
Oleh : Diah Nurlaeli Machmudah, Eka Setyaningsih, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (eka.ning@yahoo.com)
Dibuat : 2018-05-12, dengan 1 file

Keyword : Koneksi Matematis, Self Regulated

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dan self regulated siswa SMP Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-F SMP Negeri 5 Purwokerto pada bulan Agustus 2016. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah berdasarkan hasil UAS II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Uji validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: Kategori tinggi dapat memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, antar konsep matematika serta kehidupan sehari-hari; Kategori sedang dapat memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, cukup memahami dan menghubungkan antar konsep matematika dan kehidupan sehari-hari; Kategori rendah tidak menguasai indikator memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, antar konsep matematika dan kehidupan sehari-hari. Self regulated: kategori tinggi sering menetapkan tujuan, perencanaan, motivasi, kontrol atensi, penggunaan strategi dan evaluasi menunjukkan sering, jarang mencari bantuan dan monitor diri; kategori sedang selalu menetapkan tujuan, sering mencari bantuan, perencanaan, motivasi, monitor diri, dan evaluasi, jarang menggunakan strategi dan kontrol atensi; kategori rendah selalu melakukan perencanaan dan monitor diri, sering menetapkan tujuan, motivasi, dan kontrol atensi, jarang menggunakan strategi, mencari bantuan dan evaluasi.

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dan self regulated siswa SMP Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-F SMP Negeri 5 Purwokerto pada bulan Agustus 2016. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah berdasarkan hasil UAS II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Uji validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: Kategori tinggi dapat memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, antar konsep matematika serta kehidupan sehari-hari; Kategori sedang dapat memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, cukup memahami dan menghubungkan antar konsep matematika dan kehidupan sehari-hari; Kategori rendah tidak menguasai indikator memahami dan menghubungkan antar sub materi dalam materi pokok matematika, antar konsep matematika dan kehidupan sehari-hari. Self regulated: kategori tinggi sering menetapkan tujuan, perencanaan, motivasi, kontrol atensi, penggunaan strategi dan evaluasi menunjukkan sering, jarang mencari bantuan dan monitor diri; kategori sedang selalu menetapkan tujuan, sering mencari bantuan, perencanaan, motivasi, monitor diri, dan evaluasi, jarang menggunakan strategi dan kontrol atensi; kategori rendah selalu melakukan perencanaan dan monitor diri, sering menetapkan tujuan, motivasi, dan kontrol atensi, jarang menggunakan strategi, mencari bantuan dan evaluasi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...