Path: TopBuku

Konsep Dasar Logika Fuzzy dan Contoh Aplikasinya

ISBN: 978-602-229-145-9, UMPPress – Pustaka Pelajar, Purwokerto - Yogyakarta, Januari 2013
Book from jhptump / 2018-09-26 15:52:21
Oleh : Hindayati Mustafidah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (fida.mustafidah@ump.ac.id)
Dibuat : 2018-09-20, dengan 1 file

Keyword : logika fuzzy, fungsi keanggotaan, operator fuzzy, sistem inferensi fuzzy.

Logika fuzzy sering juga disebut logika modern, sehingga logika yang sebelumnya (boolean) disebut logika tradisional. Logika tradisional menilai fakta hanya berdasarkan 2 keadaan yaitu ‘true’ dan ‘false’ atau ‘ya’ dan ‘tidak’ atau 1 dan 0. Logika seperti ini sukses ketika diterapkan ke mesin (komputer), sehingga disebutlah komputer sebagai mesin biner, mesin yang bekerja berdasarkan 2 keadaan. Komputer berhasil mempermudah banyak pekerjaan manusia yang berkaitan dengan tugas pengolahan. Kebutuhan pengolahan dengan data masukan yang berasal dari fakta ‘alamiah’ sejauh ini mampu diolah oleh mesin komputer selagi dapat dinyatakan bentuk kuantisasinya. Akibat kebutuhan kuantisasi ini maka data alamiah yang pada umumnya bukan dalam bentuk kuantitas (tetapi kualitas) tersebut dipaksa oleh sistem komputer untuk diolah menurut pengolahan kuantitas (pengolahan angka biner), sehingga sedikit banyak tentu hasil pengolahan tersebut mengandung efek reduksi terhadap karakter alamiahnya.

Dahulu fakta-fakta alamiah sedemikian hanya dapat di-mapping (paksa) ke kondisi true dan false saja, padahal secara manusiawi tidak semua fakta sesuai untuk direlasikan ke kedua kondisi tersebut. Manusia secara realita ternyata memiliki pilihan lain yang bukan ‘ya’ (true) dan bukan juga ‘tidak’ (false). Tidak perlu pusing untuk memikirkan apakah ini manusia baik atau tidak karena ini ‘bawaan’ realita. Lalu, jika kondisi seperti ini hendak dibuatkan modelnya untuk sistem komputer, bagaimana men-siasatinya?

Berkaitan dengan ke-’rigid’-an logika komputer tersebut dan dalam usaha mengatasi permasalahan di atas, telah diusulkan oleh Dr. Lotfi Zadeh (Keturunan Iran) dengan sistem yang disebut fuzzy logic. Logika Fuzzy mampu mengakomodasi kondisi selain dari true dan false atau 1 dan 0 saja. Jadi dengan logika ini, pernyataan fakta (yang di pemrograman istilahnya kriteria) bisa lebih banyak variasi nilai (respon)-nya dibandingkan hanya sekedar : true dan false.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...