Path: TopArtikel Jurnal

SEBARAN DAN PERAMALAN MAHASISWA BARU PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO DENGAN METODE TIME INVARIANT FUZZY TIME SERIES

Journal from jhptump / 2018-04-25 11:16:10
Oleh : Malim Muhammad, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (malim.muhammad@gmail.com)
Dibuat : 2018-04-25, dengan 1 file

Keyword : Peramalan, Sebaran, Time Invariant Fuzzy Time Series.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran jumlah mahasiswa Pendidikan Matematika dari

tahun 2005 sampai 2015 berdasarkan asal kabupaten dan meramalkan jumlah mahasiswa Pendidikan Matematika. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan sebaran mahasiswa berdasarkan Kabupaten se-Jawa dan Kabupaten di luar pulau Jawa menggunakan metode Hierarchical Clustering Analysis. Melalui hasil sebaran tersebut akan memberikan gambaran kepada program studi Pendidikan Matematika serta pihak Universitas untuk mengambil kebijakan dan melakukan penajaman pada kabupatenkabupaten tersebut serta melakukan ekspansi maupun promosi guna meningkatkan jumlah calon mahasiswa

baru. Langkah kedua yaitu prediksi jumlah calon mahasiswa baru menggunakan metode Time Invariant

Fuzzy Time Series. Dalam hal ini baik program studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru SD dan

pihak Universitas dapat mengambil kebijakan yang tepat terkait penerimaan mahasiswa baru berdasarkan sebaran dan prediksi tersebut di atas. Pada peramalan pendaftaran dengan 6 himpunan fuzzy, pada tahun

2016-2020 diramalkan jumlah mahasiswa pendidikan matematika dan PGSD Universitas Muhammadiyah

Purwokerto sebesar 389, 459, 427, 497, dan 465 mahasiswa, dengan error ramalan 47,5 %.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...