Path: TopArtikel Prosiding Seminar

Efektivitas Integrated Comprehensive Green Therapy (ICGT) pada Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Baturaden

Proceeding from jhptump / 2018-05-30 12:44:12
Oleh : Melati Ismi Hapsari, Yuki Widiasari, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (melshapsari@gmail.com, yukiwidiasari@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-30, dengan 2 file

Keyword : Terapi, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apakah Integrated Comprehensive Green Therapy (ICGT) efektif pada anak usia dini berkebutuhan khusus di Sekolah

Alam Baturaden. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model Smal N Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah satu anak dengan

gangguan perkembangan disintegrative dan satu anak dengan permasalahan Pervasive Developmental Disorder not Otherwise Specified / PDD-Nos. Observasi dilakukan pada tahap baseline (sebelum terapi), tahap terapi, dan follow up (setelah terapi rutin diberikan selama empat bulan). Pada kondisi baseline kemampuan adaptif subjek disintegrative disorder berada pada rata-rata skor 1 (sangat tidak adekuat), pada tahap tritmen meningkat menjadi 5 (kurang adekuat), dan pada tahap follow up meningkat menjadi 7 (cukup adekuat). Subjek PDD-Nos memiliki kemampuan adaptif pada rata-rata skor 1 (sangat tidak adekuat) di tahap baseline, pada tahap tritmen meningkat menjadi 6 (cukup adekuat), dan pada tahap follow up meningkat menjadi (adekuat). Hal ini menunjukkan ICGT efektif bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Baturaden.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...