Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMNAS PGSD 2018

PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA: MENGAPA DAN BAGAIMANA SEHARUSNYA?

Proceeding from jhptump / 2018-05-19 10:58:29
By : Santhy Hawanti, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (santhyhawanti.ump@gmail.com)
Created : 2018-05-19, with 2 files

Keyword : Pekerjaan Rumah, peningkatan kemampuan dan keterampilan, efektif, prestasi

Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) merupakan hal yang sulit dihindarkan bagi sebagian besar pengajar karena dianggap sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Pro dan kontra tentang manfaat dan dampak pemberian PR terhadap prestasi atau kemampuan siswa masih menjadi perdebatan. Bahwa PR memberikan kesempatan bagi siswa untuk latihan, supaya lebih menguasai dan berlatih keterampilan mengerjakan soal dan untuk meningkatkan karakter anak: disiplin, tanggung jawab,

manajemen waktu, dan berlatih untuk bekerja keras, menjadi salah satu alasan mengapa PR perlu diberikan. Namun demikian, PR seringkali dianggap kegiatan yang membebani bagi siswa karena setelah sebagian besar waktu siswa digunakan untuk belajar di sekolah mereka masih harus menyelesaikan PR di rumah, sehingga praktis waktu mereka untuk berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain dan bermain dengan teman sebaya menjadi lebih terbatas. Tulisan ini bertujuan untuk mendiskusikan

lebih mendalam dengan mengkaji teori belajar dan gaya belajar siswa untuk dapat menyikapi pemberian PR dengan lebih efektif dan bijaksana oleh guru, termasuk faktor yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam memberikan PR sehingga tujuan pemberian PR dapat tercapai, dan

manfaatnya dapat dirasakan secara positif oleh siswa termasuk orang tua.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDjhptump
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Contact Namedigilibump
AddressJln. Raya Dukuhwaluh
CityBanyumas
RegionJawa Tengah
CountryIndonesia
Phone(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
Administrator E-maildigilib@ump.ac.id
CKO E-maildigilib@ump.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Downnload...