Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMADIK2018

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEWMAN

Proceeding from jhptump / 2018-05-12 20:13:24
Oleh : Yeyen Sayekti, Salsya Laely Nurjannah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (yeyen1813@gmail.com, laelysalsya@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-12, dengan 1 file

Keyword : analisis kesalahan, metode newman

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan metode analisis Newman. Data diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Bentuk-bentuk analisis kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan tahap membaca, memahami, transformasi, ketrampilan proses, dan penulisan/notasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: siswa laki-laki sudah mampu membaca dan memahami informasi yang diketahui pada soal, hanya saja terdapat informasi penting yang terlewatkan sehingga membuat prosedur perhitungan menjadi tidak selesai sesuai dengan perintah pada soal, kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa laki-laki adalah ceroboh dalam proses perhitungan. Sedangkan untuk siswa perempuan sudah mampu membaca dan memahami informasi serta perintah dari soal. Kesalahan yang menonjol adalah pada tahap ketrampilan proses yaitu salah dalam melakukan komputasi bentuk aljabar sehingga membuat proses perhitungan menjadi tidak selesai.

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan metode analisis Newman. Data diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Bentuk-bentuk analisis kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan tahap membaca, memahami, transformasi, ketrampilan proses, dan penulisan/notasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: siswa laki-laki sudah mampu membaca dan memahami informasi yang diketahui pada soal, hanya saja terdapat informasi penting yang terlewatkan sehingga membuat prosedur perhitungan menjadi tidak selesai sesuai dengan perintah pada soal, kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa laki-laki adalah ceroboh dalam proses perhitungan. Sedangkan untuk siswa perempuan sudah mampu membaca dan memahami informasi serta perintah dari soal. Kesalahan yang menonjol adalah pada tahap ketrampilan proses yaitu salah dalam melakukan komputasi bentuk aljabar sehingga membuat proses perhitungan menjadi tidak selesai.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...