Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMADIK2018

DESKRIPSI BERPIKIR LATERAL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS

Proceeding from jhptump / 2018-05-12 20:23:54
Oleh : Yolanda Pratiwi, Erni Widiyastuti, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (erni_widiya26@yahoo.com, Yollanda18y.p@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-12, dengan 1 file

Keyword : berpikir Lateral, memecahkan masalah

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir lateral siswa SMA dalam penyelesaian masalah matematis. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori yaitu siswa berprestasi rendah, sedang dan tinggi . Masing-masing kategori diambil 3 siswa. Metode pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan uji trianggulasi teknik untuk memvalidasi data. Berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa prestasi tinggi telah menunjukkan kemampuan berpikir lateral dengan sangat baik, yaitu mampu memenuhi seluruh indikator berpikir lateral. Siswa prestasi sedang hanya mampu menguasai dua aspek berpikir lateral , atau belum cukup baik dalam kemampuan berpikir lateral. Siswa prestasi rendah belum menunjukkan kemampuan berpikir lateral, karena kurang mampu menguasai semua aspek berpikir lateral

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir lateral siswa SMA dalam penyelesaian masalah matematis. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori yaitu siswa berprestasi rendah, sedang dan tinggi . Masing-masing kategori diambil 3 siswa. Metode pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan uji trianggulasi teknik untuk memvalidasi data. Berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa prestasi tinggi telah menunjukkan kemampuan berpikir lateral dengan sangat baik, yaitu mampu memenuhi seluruh indikator berpikir lateral. Siswa prestasi sedang hanya mampu menguasai dua aspek berpikir lateral , atau belum cukup baik dalam kemampuan berpikir lateral. Siswa prestasi rendah belum menunjukkan kemampuan berpikir lateral, karena kurang mampu menguasai semua aspek berpikir lateral

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...