Path: TopProsiding Seminar NasionalSEMADIK2018

DESKRIPSI BERPIKIR LATERAL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS

Proceeding from jhptump / 2018-05-12 20:23:54
By : Yolanda Pratiwi, Erni Widiyastuti, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (erni_widiya26@yahoo.com, Yollanda18y.p@gmail.com)
Created : 2018-05-12, with 1 files

Keyword : berpikir Lateral, memecahkan masalah

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir lateral siswa SMA dalam penyelesaian masalah matematis. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori yaitu siswa berprestasi rendah, sedang dan tinggi . Masing-masing kategori diambil 3 siswa. Metode pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan uji trianggulasi teknik untuk memvalidasi data. Berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa prestasi tinggi telah menunjukkan kemampuan berpikir lateral dengan sangat baik, yaitu mampu memenuhi seluruh indikator berpikir lateral. Siswa prestasi sedang hanya mampu menguasai dua aspek berpikir lateral , atau belum cukup baik dalam kemampuan berpikir lateral. Siswa prestasi rendah belum menunjukkan kemampuan berpikir lateral, karena kurang mampu menguasai semua aspek berpikir lateral

Description Alternative :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir lateral siswa SMA dalam penyelesaian masalah matematis. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori yaitu siswa berprestasi rendah, sedang dan tinggi . Masing-masing kategori diambil 3 siswa. Metode pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan uji trianggulasi teknik untuk memvalidasi data. Berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa prestasi tinggi telah menunjukkan kemampuan berpikir lateral dengan sangat baik, yaitu mampu memenuhi seluruh indikator berpikir lateral. Siswa prestasi sedang hanya mampu menguasai dua aspek berpikir lateral , atau belum cukup baik dalam kemampuan berpikir lateral. Siswa prestasi rendah belum menunjukkan kemampuan berpikir lateral, karena kurang mampu menguasai semua aspek berpikir lateral

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDjhptump
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Contact Namedigilibump
AddressJln. Raya Dukuhwaluh
CityBanyumas
RegionJawa Tengah
CountryIndonesia
Phone(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
Administrator E-maildigilib@ump.ac.id
CKO E-maildigilib@ump.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor:

Downnload...