Path: TopSupplementary FileE-BOOK

Pembentukan Karakter Islami Berbasis Substansi Cerita Wayang Kulit

Book from jhptump / 2018-02-06 11:33:11
Oleh : Soediro, S.H.,LL.M, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (digilib@ump.ac.id)
Dibuat : 2016-06-26, dengan 1 file

Keyword : boneka, tiruan, wayang, karakter, islami

Menurut kamus besar bahasa Indonesia wayang adalah boneka tiruan orang yang terbuat dari pahatan kulit atau kayu dan sebagainya, yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh pada pertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dsb), biasanya dimainkan oleh seseorang yang disebut dalang (Pusat Bahasa, 2008).




Wayang merupakan salah satu bentuk teater tradisional yang paling tua. Pada masa pemerintahan Raja Balitung, telah ada petunjuk adanya pertunjukan wayang, yaitu yang terdapat pada prasasti Balitung dengan tahun 907 Masehi, yang mewartakan bahwa pada saat itu telah dikenal adanya pertunjukan wayang (Supriyo, 2008).




Wayang kulit disebut juga wayang purwa. Menurut terjemahan bebas, purwa artinya permulaan. Sebagaimana dimaklumi, kulit adalah “permulaan” dari tubuh, sehingga wayang kulit identik juga dengan istilah wayang purwa. Cerita wayang kulit bersumber pada kitab Ramayana dan Mahabharata yang berasal dari India. Itulah sebabnya, menurut para ahli, istilah purwa tersebut juga berasal dari kata parwa yang berarti bagian dari cerita Ramayana atau Mahabharata.




Di kalangan masyarakat Jawa, terutama orang-orang tua kata purwa sering diartikan pula purba artinya zaman dulu. Sesuai dengan pengertian tersebut, maka wayang purwa diartikan pula sebagai wayang yang menyajikan cerita-cerita zaman dahulu (Supriyo, 2008).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherjhptump
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Purwokerto
Nama Kontakdigilibump
AlamatJln. Raya Dukuhwaluh
KotaBanyumas
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0281) 636751, 630463, 634424
Fax(0281) 637239
E-mail Administratordigilib@ump.ac.id
E-mail CKOdigilib@ump.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...